Monday 24 February 2014

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel adalah sayuran yang banyak manfaatnya bagi kesehatan.Wortel,mengandung vitamin A 93 %,beta karoten 77%,Tiamin (vit B1) 3%, Riboflavin(vit B2) 3%, Niacin 8%, Vitamin B6 8%, Folat(vit B9)5%, Vitamin C7  12%, Kalsium 3%,Besi 5%, Magnesium 5%, Fosfor 5%,Kalium 5%, Sodium 0,1%.dan sebagainya .Dan selain sebagai sayur temannya nasi, wortel mempunyai banyak manfaat diantaranya.




Manfaat Wortel

1   Kesehatan Mata.
Wortel kaya akan beta-karoten yang di ubah menjadi vitamin A dalam hati.Vitamin A di  transformasikan ke retina untuk rhodopsin,pigmen ungu yang diperlukan untuk night vision.
Beta-karoten juga berguna untuk melindungi terhadap katarak dan degenerasi makula.sebuah study menemukan,bahwa orang yang banyak mengkonsumsi  beta-karoten memiliki resiko 40% lebih rendah terhadap degenerasi makula di bandingkan orang yang  sedikit mengkonsumsi beta-karoten.

2   Pencegah Kanker
 Penelitian telah menunjukkan bahwa wortel mengurangi resiko kanker paru paru,kanker payudara ,dan kanker usus besar.Para peneliti baru saja menemukan bahwa falcarinol dan falcarindiol bermanfaat untuk melawan kanker.
Falcarinol adalah pestisida alami yang di hassilkan wortel untuk melindungi akar dari penyakit jamur.
Wortel adalah salah satu sumber senyawa ini.Sebuah penelitian menunjukkan,Tikus yang makan wortel,memiliki resiko 30% lebih rendah dari tikus yang tidak makan wortel.

3  Anti Aging (Penuaan dini)
Tingginya tingkat beta-karoten bertindak sebagai antioksidan  terhadap kerusakan sel tubuh melalui metabolisme biasa.Ini membantu memperlambat proses penuaan sel.

4  Membuat Kulit Bersinar Dari Dalam.(kayak neon)
Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit,rambut,dan kuku.Vitamin A mencegah kerutan dini,jerawat, kulit kering, pigmentasi,noda dan warna kulit  tidak merata.

5   Powerfull Antiseptik
Wortel sangat baik digunakan untuk mencegah infeksi.Wortel di tumbuk halus kemudian di bobokkan ke luka.

6   Sebagai Masker Wajah untuk Kecantikkan.
Wortel bisa digunakan sebagai masker untuk wajah yang murah dan sangat nyaman.Hanya dengan campuran parutan wortel dengan madu. Untuk resep selengkapnya lihat disini Cara membuat masker wortel.

7   Mencegah Penyakit Jantung.
Sebuah study menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya resiko penyakit jantung.Wortel tidak hanya mengandung beta karotin tetapi juga mengandung Alphakaroten dan luthein.wortel juga mengurangi kolesterol dalam tubuh.

8    Membersihkan racun dalam tubuh
Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh.Wortel juga berguna untuk mengurangi lemak di hati dan empedu.Serat dalam wortel juga  membersihkan usus besar dan melancarkan BAB.

9    Menyehatkan Gigi dan Gusi.
Wortel juga berguna untuk membersihkan gigi dan mulut.Wortel mengikis plak dan sisa makanan.Wortel merangsang gusi dan memicu keluarnya air liur yang menjadikan suasana basa  dan mengeluarkan bakteri pembentuk asam rongga mulut.Mineral pada wortel mencegah kerusakan gigi.

10   Mencegah stroke
Penelitian di Harvard university menyatakan bahwa orang yang makan lebih dari enam seminggu,lebih kecil kemungkinannya terkena stroke daripada orang yang hanya makan satu wortel sebulan.

Bahaya Wortel

Selain manfaat yang banyak dari wortel,dalam mengkonsumsinya juga tidak boleh berlebihan. karena wortel juga memiliki dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan.seperti dilaporkan Genius beauty,dokter dan para ahli nutrisi mengatakan penderita diabetes seharusnya tidak mengkonsumsi lebih dari satu gelas jus wortel setiap minggu.Ini karena wortel mengandung kadar gula yang tinggi yang jika di jus , maka gula yang terkandung akan terurai bersama air.apalgi kalau ditambahi gula,maka tahu sendiri akibatnya.

Ahli makanan juga mengatakan bahwa jus wortel dapat berpengaruh buruk terhadap pankreas karena jika terlalu bamyak ampas wortel masuk kedalam tubuh maka akan mengendap.Maka bagi orang yang mengidap pankreatitis atau penyakit yang berkaitan dengan pankreas,sebaiknya menghindari minum jus wortel.Juga jika terlalu sering minum jus wortel bisa berakibat sakit kepala,tubuh lesu,nausea dan muntah muntah.Terlalu banyak beta-karoten juga berakibat kulit anda berubah warna.

Bagi anda yang menyulakai jus wortel, sebaiknya minum 2 sampai 3 kali setiap minggu .
demikian uraian kami semoga bermanfaat.Jika  kurang berkenan silahkan di cacimaki sepuasnya lewat koment








No comments:

Post a Comment