Saturday 22 February 2014

Manfaat Cabe Dan Bahaya Cabai Lombok

Cabe atau lombok adalah dagangan yang paling laris diwarungnya mbak Niroh.Dan saya yakin di warung yang lain juga begitu.Cabe merupakan bumbu utama dalam memasak terutama untuk membuat sambal.Coba pikir sambal apa yang gak pakai cabai.Nah bingung kan?Saya juga heran kenapa orang orang pada suka dengan siksaan pedasnya cabai.Dan sekarang kita akan bahas mengenai fenomena cabe tersebut.


Ada banyak macam cabai di dunia ini.Dari yang paling pedas sekelas Moruga scorpion,Naga viper,jolokia,yang satu gigitan saja bisa membakar lidah anda, ada yang berwarna warni yang dipakai untuk hiasan taman.Ternyata cabai memiliki banyak manfaat jika kita mengkonsumsinya dengan benar.

Kalau kita membelah cabai,dan kita jilat,kita akan merasakan pedas.Rasa pedas ini berasal dari kandungan capsaicin yang terdapat pada cabe.capsaisin ini juga  yang
membuat orang ketagihan disaat makan.dibalik pedasnya cabai ini terkandung banyak vitamin dan zat gizi yang berguna bagi tubuh.Pada cabe rawit atau lombok jemprit yang pedas,mengandung vitamin C dan betakaroten (pro vitamin A)yang lebih tinggi jika di banding buah buahan seperti mangga,pepaya nanas dan semangka.Bahkan kandungan mineralnya terutama kalsium dan fosfor,lebih tinggi di bandingkan ikan segar.Paprika merah memiliki vitamin C dan betakaroten paling tinggi dibanding jenis cabai lainnya.

Manfaat cabe untuk obat

Selain sebagai bumbu masak,cabai juga bisa digunakan sebagai obat alternatif selain anda pergi ke dokter. Diantaranya:

1  Obat luka.
Jika anda terluka ringan(kalau luka berat bawa ke dokter aja)seperti terkena pisau saat memasak,taburkan cabe merah kering yang di tumbuk ketempat luka.Selain mencegah infeksi,cabe juga segera menghilangkan rasa  nyeri  dan pendarahan juga mempercepat penyembuhan luka.Ini serius.Buktikan saja.

2   Pengobatan demam tinggi
Untuk mengobatai demam   tinggi yang di gunakan bukan cabainya tetapi daunnya.Ambillah segenggam daun cabai kemudian ditumbuk halus dan di campuri 1 sendok minyak selada.Tempelkan ke ubun ubun atau di balurkan ke seluruh tubuh.Kemudian selimuti tubuh penderita dengan selimut tebal.Maka badan penderita akn segera berkeringat dan panas badan pun menurun.

3  Pilek dan hidung tersumbat
Kalau anda sedang pilek dan hidung tersumbat,makanlah cabe atau sambal yang pedas. Niscaya akan meler tuh ingus dan hidung pun jadi plong.

4  Mencegah stroke
Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

5 Menambah nafsu makan.
Banyak orang yang nggak mau makan kalau nggak ada sambel .Hal ini karena capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

6 Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada cabai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.Selain itu,perpaduan antara vitamin A , B dan C melindungi kita dari berbagai serangan penyakit seperti flu,batuk dan pilek
.
7  Mencegah kanker.
Selain ampuh melawan radang,kapsaisin juga berfungsi untuk mencegah penyebaran sel sel kanker prostat.


8  Mengandung antioksidan 
Yang dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan

Bahaya cabe lombok


Dari semua khasiat tersebut akan kita dapatkan, Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, karena jika dikonsumsi terlalu banyak, justru cabe dapat mengakibatkan sakit perut mules diare dan mencret. dan beresiko terkena kanker perut bagi pengkonsumsinya.Bagi pengidap hepatitis dan,maag ,sebaiknya tidak makan yang pedas karena bisa kambuh.

Semua itu hanyalah usaha kita.Tuhan jualah yang menentukan .Segeralah beli cabai banyak banyak sebelum kehabisan.Tentunya ya di warung Mbak Niroh Atau warung langganan anda.Awas jangan kesasar.Silahkan di coba semoga bermanfaat.



Sumber:
1 www.pengetahuanunikdanmenarik.blogspot.com/2012/06/8-manfaat-cabe-lombok.html
2 www. manfaatnya.com/manfaat-cabai-atau-lombok-untuk-kesehatan

No comments:

Post a Comment